Monday, March 28, 2011

Jelang AS Roma vs Juventus: Aquilani Menantang De Rossi

Jelang AS Roma vs Juventus: Aquilani Menantang De Rossi. Selain Francesco Totti vs Alessandro Del Piero, pertandingan AS Roma vs Juventus di giornata 31 (3/4) juga menjadi ajang duel dua gelandang yang sama-sama berangkat dari akademi sepak bola I Lupi: Alberto Aquilani vs Daniele De Rossi.

Keduanya sempat dianggap sebagai bintang masa depan Roma. Aquilani dijuluki Il Principino (Pangeran Kecil) dan De Rossi disebut sebagai Capitan Futuro (Kapten Masa Depan). Dua julukan ini mengacu pada status keduanya sebagai calon penerus Totti.

Aquilani sebenarnya bisa dibilang lebih senior daripada De Rossi karena ia masuk akademi Roma tahun 1999, sedangkan De Rossi baru menyusul setahun kemudian. Tapi, nasib De Rossi jauh lebih baik.

Ia tidak pernah ke klub lain dan berhasil menjadi pemain utama I Giallorossi. Di lain pihak, Aquilani pernah dipinjamkan ke Triestina dan dijual ke Liverpool sebelum sekarang memperkuat Juventus dengan status pinjaman dari The Reds.

Di level tim nasional Italia, Aquilani juga kalah. Ia pertama kali dipanggil Gli Azzurri tahun 2006. Pada tahun yang sama, De Rossi sudah memperkuat Italia di Piala Dunia Jerman.

Dari fakta-fakta ini barangkali bisa diambil kesimpulan kualitas Aquilani ada di bawah De Rossi. Tapi, kini ada tanda-tanda Aquilani mulai mengatasi ketertinggalannya.





Sementara De Rossi semakin mantap menjadi jenderal lapangan tengah Roma, Aquilani juga mapan di Juventus. Dia menjadi pemain terpenting di jantung permainan I Bianconeri.

Sejauh ini Aquilani sudah membuat 1.258 passing dalam 26 pertandingan atau 48,4 per partai. Jumlah itu paling banyak diantara pemain-pemain Juventus. Statusnya sama dengan De Rossi, yang juga paling banyak melakukan passing di Roma (1.334/55,6 per partai).

Peran Aquilani juga tampak krusial di Juventus. Pada pertemuan pertama Roma vs Juventus di Serie A musim ini. Aquilani membantu La Vecchia Signora mendapatkan hasil imbang 1-1. Saat dia absen dalam pertemuan lainnya di perempat final Coppa Italia, Juve kalah 0-2.

Aquilani makin menegaskan surat tantangannya kepada De Rossi dengan penampilan bagusnya saat memperkuat Italia menghadapi Slovenia di kualifikasi Piala Eropa 2012, Jumat (25/3).

De Rossi tidak bermain dalam pertandingan itu. Dia dipinggirkan oleh pelatih Cesare Prandelli karena melanggar kode etik tim nasional, yakni berlaku kasar pada pemain lawan di level klub.

Sempat ada kekhawatiran kerena De Rossi selama ini menjadi andalan di lini tengah Italia. Sebagai solusi, Prandelli memainkan lini tengah tanpa gelandang bertahan dengan Aquilani salah satu personilnya. Italia menang 1-0.

Italia mampu menang tanpa De Rossi dan dengan Aquilani. Hasil itu tentu menumbuhkan optimisme bagi Il Pricipino bahwa kali ini dia bisa berduel melawan Capitan Futuro dalam level kekuatan yang setara.

Aquilani sendiri sangat antusias menatap comeback ke Stadio Olimpico untuk menghadapi klub yang membesarkannya. "Partai yang emosional buat saya. Saya akan bertemu teman-teman lama. Sambutan macam apa yang saya harapkan? Tentu saja cinta," kata Aquilani di Sportmediaset.


No comments:

Post a Comment