Sunday, March 27, 2011

Vettel Juara F1 GP Australia 2011 Tanpa KERS

Vettel Juara F1 GP Australia 2011 Tanpa KERS. Laju Sebastian Vettel saat mencatatkan pole sekaligus memenangi GP Australia ternyata "bebas" dari sistem KERS, yang memang tidak digunakan Red Bull. Bagi pembaca yang belum paham apa itu KERS, bisa dibaca di Regulasi Balap F1 2011.

Vettel meraih posisi start terdepan dalam sesi kualifikasi tanpa menggunakan KERS. Para pengamat lantas mulai berspekulasi kalau Red Bull sudah menggunakan sebuah 'Kers mini' yang bisa diisi ulang dalam semalam dan hanya digunakan di tikungan pertama.

Rupanya tidak demikian. Vettel benar-benar mencatatkan posisi start terdepan, yang dilengkapi dengan kemenangan, sama sekali tanpa menggunakan KERS.

"Kami sama sekali tidak menggunakan KERS akhir pekan ini," ungkap Prinsipal Tim Red Bull Christian Horner kepada BBC.

"Kami tidak ingin bilang siapa-siapa, tapi melihat start, kami tampaknya tidak akan membutuhkannya. Kami sedikit gugup untuk mengatakan itu ke orang-orang sebelum balapan," lanjutnya.



Bukan tanpa alasan jika kemudian Red Bull memilih untuk tidak menggunakan KERS. Hal itu, ujar Horner, dikarenakan mereka tidak puas dengan tingkat reliabilitasnya saat dipergunakan pada sesi latihan bebas di hari Jumat.

"Kami menggunakannya hari Jumat dan kami tidak puas dengan reliabilitasnya, kami merasa ada potensi risiko, jadi kami mencopotnya dari kedua mobil kami dan tidak menggunakannya sama sekali akhir pekan ini," tutur Horner.

No comments:

Post a Comment