Friday, April 15, 2011

JELANG EL CLASICO JILID DUA LA LIGA 2010/11: Inilah 5 Pemain Yang Menjadi Aktor Penentu Real Madrid

JELANG EL CLASICO JILID DUA LA LIGA 2010/11: Inilah 5 Pemain Yang Menjadi Aktor Penentu Real Madrid. Madrid tak boleh kalah lagi dari Barcelona di duel el clasico jilid II musim ini, Minggu (17/4). Alasannya sederhana, gagal meraih poin sama artinya dengan menutup peluang tim asuhan Jose Mourinho merebut gelar La Liga edisi 2010/11.

Penikmat sepak bola di seluruh dunia kini menantikan strategi yang bakal diterapkan oleh Mourinho. Akankah dia tetap ngotot bermain terbuka seperti saat kalah 0-5 di pertemuan perdana atau bermain ultradefensif seperti saat menukangi Chelsea dan Inter Milan?

Jika memilih opsi pertama, sang entrenador bakal menurunkan pemain regulernya dalam formasi 4-2-3-1. Sebaliknya, jika ingin memperkuat pertahanan, menurunkan tiga gelandang bertahan sekaligus bisa dilirik sebagai opsi alternatif. 

Terlepas dari strategi mana yang bakal diusung, berikut sejumlah punggawa penentu arah pertandingan di kubu Los Blancos:

1. IKER CASILLAS

Ketangguhan Iker Casillas bakal menemui ujian berat. Karena itu, level konsentrasi harus dijaga penuh  sepanjang pertandingan. Ini tugas berat baginya. Sepanjang La Liga musim ini, sebanyak 15 dari total 22 jumlah gol yang melesak ke gawangnya terjadi di babak ke dua. Penampilan prima sang kapten bakal memberikan rasa nyaman bagi rekan setim.

2. MARCELO

Bek kiri asal Brasil ini harus jeli memilih momen untuk membantu serangan. Salah sedikit saja, posisi yang ditinggalkannya akan menjadi sasaran eksploitasi bek kanan lawan yang hobi naik membantu serangan, Dani Alves.

Tugas Marcelo kian berat bila Pedro atau Lionel Messi turut beroperasi di wilayah jaganya. Bila sukses, kinerja bagusnya akan membuat lawan frustasi.

3. XABI ALONSO

Pemain Basque ini mesti melakoni tugas ekstra. Ia tak hanya kudu jeli menjalankan peran sebagai deep playmaker, tetapi juga membantu Sami Khedira saat bertahan.

Karena tubuh besarnya, Khedira memang akan kewalahan meladeni permainan cepat Barcelona. Hal itu yang membuat Alonso bekerja lebih keras dalam memutus serangan lawan.

4. CRISTIANO RONALDO

Sosok CR7 tak pelak menjadi senjata utama Madrid. Apalagi ia sudah pulih dari cedera paha kiri dan siap tampil maksimal.

Laga ini bakal menjadi ajang penuntasan hasrat baginya. Sejauh ini, Ronaldo sama sekali belum pernah menjebol gawang Barcelona. Pertarungan pribadi dengan Messi juga bisa dijadikan suntikan motivasi.

5. GONZALO HIGUAIN

Mourinho bakal pusing memilih bomber yang bakal diturunkan dalam laga ini. Tiga penyerang Los Merengues dalam kondisi fit, sementara pos yang tersedia hanya satu.

Pilihan terbaik adalah menurunkan Gonzalo Higuain di awal pertandingan. Pemain asal Argentina ini sudah sangat nyetel dengan Ronaldo dan Mesut Oezil.

No comments:

Post a Comment